Rab. Jun 3rd, 2020

Klik Nasional

Informasi Kita

Mulkan : Breakwater dan Jetty Diperlukan Guna Atasi Pendangkalan Alur Muara Jelitik

2 min read

Bupati Bangka Mulkan presentasi dihadapan Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI. Foto : ist

Kliknasional.com, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka mengusulkan sejumlah solusi dalam penanganan pendangkalan alur Muara Air Kantung Jelitik, Sungailat, Bangka. Hal ini langsung disampaikan Bupati Bangka Mulkan,SH,MH saat presentasi dihadapan Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Gedung Mina Bahari II Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Klik Juga : Dana Desa Bedengung Bangka Selatan Terancam Tak Cair

Menurut Mulkan, selain dilakukan pengerukan dan pelebaran pintu masuk muara, juga diperlukan membangun breakwater untuk mengurangi energi gelombang. Selain itu, membangun jetty untuk menahan sedimen ke arah muara dan pantai. “Tak kalah penting juga adalah membangun seawall di sisi kiri dan kanan muara dan juga menata kawasan minapolitan Muara Jelitik sesuai dengan sideplan yang ada,” papar Mulkan dalam presentasinya.

Mulkan mengatakan, pendangkalan alur Muara Air Kantung yang terjadi telah menghambat aktivitas nelayan atau pun keluar masuknya kapal-kapal nelayan di daerah sekitar muara tersebut. Hal ini disebabkan oleh adanya sedimen pasir yang terendap oleh gelombang air laut. Sehingga bibir alur pantai Muara Air Kantung mengalami pendangkalan.

“Pemerintah daerah telah berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan berbagai usaha, namun sampai sekarang masalah pendangkalan ini tetap menjadi salah satu penghambat para nelayan untuk beraktivitas keluar masuk muara tersebut,” ujarnya.

Mulkan juga menyampaikan jika presentasi ini merupakan tindaklanjut dari hasil pertemuan audiensi dengan dengan Menteri Kelautan dan perikanan RI pada Jumat 7 Februari 2020 kemarin. Saat itu Pemkab Bangka diminta untuk melakukan persentasi penanganan masalah alur muara ini dengan Dirjen perikanan tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

“Maka hari ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan kami bersama tim didampingi oleh pimpinan dan anggota komisi III DPRD Bangka melakukan persentasi tentang penanganan pendangkalan alur muara ini.

“Kami berharap agar pemerintah pusat dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi masalah ini agar kedepannya masalah pendangkalan alur muara ini dapat teratasi. Sehingga aktivitas para nelayan tidak terganggu lagi,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *